Tuesday, August 5, 2008

Anies Baswedan, Mantan Aktifis HMI (MPO), Masuk 100 Intelektual Top Dunia

Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan masuk ke dalam 100 intelektual publik teratas versi Foreign Policy.

Dalam situs foreignpolicy.com, Anies yang juga pengamat politik itu dinilai memiliki peran besar dalam pergerakan mahasiswa yang berhasil menggulingkan Soeharto.

“Currently president of Paramadina University in Jakarta and a noted researcher, Baswedan played a leading role in the student movements that helped oust Indonesian dictator Suharto,” sebut lembaga itu.

Nama Anies disejajarkan dengan nama-nama top dunia, seperti Noam Chomsky (linguis, AS), Paus Benediktus XVI (pemimpin agama, Vatikan/Jerman), Francis Fukuyama (ilmuwan politi, AS), Al Gore (politisi/aktivis lingkungan, AS), Jurgen Habermas (filosof, Jerman), Samuel Huntington (ilmuwan politik, AS), Garry Kasparov (aktivis demokrasi/grand master catur, Rusia), Paul Krugman (ekonom, AS), Orhan Pamuk (novelis, Turki), Yusuf al-Qardhawi (ulama, Mesir/Qatar), Tariq Ramadan (filosof, Swiss), Salman Rushdie (novelis, Inggris), Jeffrey Sachs (ekonom, AS), dan Muhammad Yunus (tokoh mikrofinansial, Bangladesh).

Foreign Policy adalah lembaga yang didirikan pada 1970 oleh Samuel Huntington yang terkenal dengan bukunya “Benturan Antar Peradaban”.

Dikutip dari Wikipedia , Anies pernah bekerja sebagai National Advisor bidang desentralisasi dan otonomi daerah di Partnership for Governance Reform, Jakarta. Dia juga merupakan direktur riset pada The Indonesian Institute dan peneliti utama di Lembaga Survei Indonesia.

Sebelumnya, Anies bekerja sebagai Manajer Riset di IPC, sebuah asosiasi industri elektronika di Chicago, USA. Semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Anies pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)-Majelis Penyelamat Organisasi (MPO).

Anies adalah anak pertama dari pasangan Drs Rasyid Baswedan, SU (Dosen Fak Ekonomi Universitas Islam Indonesia) dan Prof DR Aliyah Rasyid, M.Pd (Dosen Fak Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta). Ia menikah dengan Fery Farhati, dan dikaruniai tiga anak: Mutiara Annisa, Mikail Azizi, dan Kaisar Hakam. Anies dan keluarga tinggal di Jakarta.

Jabatan rektor yang didudukinya saat ini adalah menggantikan cendekiawan Nurcholis Madjid yang meninggal beberapa tahun lalu. (sumber: http://www.juiceandgin.com/)

1 komentar:

MasyaAllah, luar biasa. Semoga akan terus lahir generasi-generasi emas dari HMI MPO. Baca juga terkait HMI hmi academic Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More